Kejadian-kejadian Besar dalam Bulan Robiul Akhir


Tidak ada amalan khusus yang datang dari Nabi Muhammad SAW dalam bulan Robiul Awal ini, meskipun demikian, kita tetap dianjurkan untuk meningkatkan amalan dari hari ke hari dari masa ke masa, lebih-lebih pada bulan ini, karena bulan ini adalah bulan yang berat, bulan yang di dalamnya banyak terjadi peperangan, baik pada masa Rasulullah hingga masa-masa setelahnya.
 
Turunnya surat Al-Hasyr kepada Nabi Muhammad SAW. Surat ini, menceritakan tentang pengusiran suku Bani Nadzir yang tinggal di sekitar madinah karena mereka menghianati perjanjian yang telah disepakati, dengan melakukan percobaan pembunuhan terhadap Nabi Muhamad SAW menggunakan Batu.
 
Periswita lainnya yang terjadi pada bulan Robiul Akhir, di tahun ke -3 Hijriah yaitu banyaknya peperangan yang terjadi di tahun itu diantaranya yaitu ; Perang Najran(pengusiran bani Nadzir), perang Al Ghabah(disebut Al Ghobah karena penyerangan oleh Unaynah bin Hizn Al Farisi orang Ghatafan terhadap unta-unta milik nabi di Al-Ghabah. Perang ini juga disebut perang Dzi Qarad, terjadi pada 6 H ), perang al Ghamar (untuk menyerang kabilah Bani Asad yang dipimpin oleh Ukkashah bin Mishan)
 
Kemudian saat pemerintahan Abu Bakar Ash-Shiddiq, terjadi pengepungan Damsyik yang dipimpin oleh Kholid bin Walid dan Ubaidah bin Jarrah selama 70 hari pada tahun 14 H., dan Perang Jamal, yaitu perang antara pasukan Sayyidah Aisyah melawan pasukan Khalifah Ali bin Abi Tholib. Pada tahun terjadinya perang ini disebut tahun fitnah.

islamiro

Menegakkan ajaran Islam menurut paham Ahlussunnah Wal Jama'ah di tengah-tengah kehidupan masyarakat, di dalam wadah NKRI

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak